Ming. Sep 20th, 2020

Punduh Pedada Terendam Banjir

 

 

 

Intensitas Hujan Yang Tinggi Mengakibatkan Jembatan Putus dan Rumah Warga tergenag Air Dan Lumpur

 

 

 

 

PESAWARAN, DataPost  –  Intensitas guyuran hujan yang sangat tinggi sejak  sore hingga malam hari yang melanda di Kecamatan Punduh Pedada mengakibatkan Sungai Way Cambai meluap dan menggenangi rumah -rumah warga di beberapa desa yang ada di kecamatan setempat,(08/06/2020).

 

Menurut keterangan salah satu warga Desa Sukajaya Redi Ilhamrokoni mengatakan bahwa meluapnya Sungai Way Cambai ini di karnakan Intensitas curah Hujan yang sangat tinggi yang terjadi sejak sore hari sampai Pukul 08.00 Wib. Melanda di kecamatan Punduh Pedada khusunya di Desa Sukajaya Pedada, sehingga mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air dan lumpur dan saat ini warga bahu membahu membantu rumah -rumah yang tergenang air untuk membersihkan lumpur.

“Di Desa Sukajaya Pedada saat ini (Senin Malam, red) sedang di kepung air dan saat ini warga sedang bahu -membahu untuk membantu warga yang rumahnya tergenang air dan lumpur ,” kata Redi saat di hubungi datapots,  Senin (08/06/2020 ) malam.

Menurutnya dengan kejadian ini ada salah satu rumah warga yang terendam air dan lumpur, dikarnakan selain luapan air yang datang dari hulu, luapan air juga naik dari kali way Cambay.

“Kalau rumah warga yang ada  di Dusun Curup, kemungkinan juga malam ini  terdampak banjir dan lumpur, karna kita lihat rumah -rumah di desa induk saja sudah tergenang akibat luapan air way Cambai ,” jelasnya.

Ditambahkan warga Sukajaya lainya Samsul Qomar, bahwa terjadinya hujan lebat yang melanda  mengakibatkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Punduh Pedada ,sehingga meluapnya air menggenangi rumah rumah warga, selain itu juga banjir memutuskan akses jalan menuju salah satu pondok pesantren Al-Bina Pedada milik Ramli selaku ketua yayasan yang berada di Dusun Pematang Ulai Desa Baturaja Kecamatan Punduh Pedada.

“Akses jalan berupa jembatan menuju pondok pesantren  Al- Bina saat ini putus akibat di terjang kayu besar yang di bawa banjir dan saat ini akses jalan menuju pondok terputus,” kata Samsul Qomar.

Sementara itu selaku kepala Desa Sukajaya Pedada Saadi Yusuf membenarkan bahwa saat ini (Senin malam, red ) terjadi intensitas hujan yang sangat tinggi di kecamatan Punduh Pedada khususnya di Desa Sukajaya Pedada sehingga meluapnya air Way Cambai mengenai rumah -rumah warga yang tinggal di sepanjang sungai.

“Ya,terjadinya hujan ini sejak sore tadi dan sampai malam ini sehingga kali Way Cambai meluap dan masuk kerumah warga, dan rumah saya sendiri saat ini tergenag air dan lumpur ,” kata Saadi saat dihubungi.

Selaku camat Punduh Pedada Darlis juga membenarkan bahwa di kecamatan Punduh Pedada saat ini sedang terjadi intensitas hujan yang sangat tinggi dan hal ini sudah di laporkan ke pihak pemerintah kabupaten Pesawaran.

“Ya,memang betul saat ini guyuran hujan yang sangat tinggi dan air kali meluap menggenangi rumah warga dan hal ini sudah saya laporkan kepemerintah Pesawaran dan saat ini kita sedang melakukan pemantuan ,”ucapnya.

Berdasarkan informasi dari warga setempat ,akibat luapan air way Cambay  ada beberapa rumah warga yang tergenang air dan lumpur salah satunya rumah kepala desa Sekajaya Pedada saadi Yusup dan rumah dan warung milik Rusli, selain itu juga salah satu jembatan menuju pondok pesantren Al -Bina Dusun Pematang ulai Desa Baturaja  akibat di terjang banjir ,hingga  malam ini belum diketahui kerugian materi yang di alami warga yang terdampak banjir dan lumpur. (ydn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *