Sen. Jul 13th, 2020

WAGUB LAMPUNG ROAD SHOW DIPRINGSEWU DIDAMPINGI WABUP

WAKIL GUBERNUR LAMPUNG ROAD SHOW DIPRINGSEWU DIDAMPINGI WAKIL BUPATI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRINGSEWU,  HARIAN DATAPOST  – Wakil Gubernur Lampung Hj.Chusnunia Chalim melakukan kunjungan ke Kabupaten Pringsewu. Kunjungan yang dipusatkan di lapangan Pekon Margodadi, Kecamatan Ambarawa, Jumat (7/2/20) pagi adalah bagian dari rangkaian kegiatan road show Wagub Lampung ke kabupaten/kota se Provinsi Lampung dalam rangka pemenuhan hak dan partisipasi serta peran perempuan dan anak dalam pembangunan, serta dalam rangka pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak, Gerakan Masyarakat Lampung Bebas Stunting, dan Anugerah Parahita Ekapraya.

Wakil Gubernur Lampung didampingi Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Theresia Shormin, Wakil Ketua I DPRD Pringsewu Hj.Mastuah, Wakapolres Pringsewu Komisaris Pol. Misbahudin, Kajari Pringsewu Amru E. Siregar, SH, MH, Sekdakab Pringsewu Drs.A.Budiman PM, MM, serta Ketua TP-PKK Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi dan Ketua DWP Hj.Nurhayati Budiman, beserta jajaran pemerintah daerah dan instansi vertikal lainnnya, tokoh agama serta pelajar dan masyarakat melakukan senam massal, makan buah dan minum jamu bersama, serta pemberian paket makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita, menyerahkan door prize, juga penghargaan atas partisipasi dalam kegiatan belajar sehari di luar kelas tahun 2019, yakni kepada TK ABA Ambarawa, RA Cahaya Insani Pringsewu, SDN 1 Ambarawa, MIN 3 Pringsewu, dan SMPN 4 Pringsewu.

Selain itu, Wagub Lampung juga berkesempatan meninjau kegiatan bazaar, dan penanaman pohon kalpataru di sekitar lokasi kegiatan, serta diakhiri dengan acara tatap muka sekaligus memberikan pengarahan di hadapan jajaran Pemkab Pringsewu dan muspida, serta masyarakat setempat.

Wagub Lampung Hj.Chusnunia Chalim pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat Pringsewu untuk menerapkan pola hidup sehat, makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang dan berolahraga secara teratur. Dikatakan Nunik, dalam membangun dan mewujudkan Lampung yang Berjaya, akan berhasil manakala didukung oleh kabupaten dan kota. “Karena itu, guna menuju Lampung Berjaya, harus didahului dengan mewujudkan Pringsewu yang Berdaya saing, Harmonis dan Sejahtera,” ujarnya.

Wakil Gubernur Lampung juga mengapresiasi serta memuji kemajuan Kabupaten Pringsewu yang menurutnya luar biasa. Disampaikan bahwa salah satu fokus saat ini adalah masalah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), Gerakan Masyarakat Lampung Bebas Stunting, dan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). “Untuk KLA, Pringsewu sudah berstatus sebagai Kabupaten Layak Anak. PR Pringsewu sebetulnya tinggal sedikit untuk KLA ini. Diharapkan pada tahun 2020 ini bisa meningkat menjadi Madya, dan syukur bisa melompat ke Utama,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk menuju KLA Madya, harus ada Gerakan Literasi yang dimulai dengan Perda Literasi. “Terkait masalah stunting, stunting kita terbilang tinggi meskipun masih di bawah rata-rata nasional. Namun kita jangan berpatokan pada rata-rata nasional. Kata kuncinya, salah satunya adalah perempuan dan anak. Peran perempuan ini sangat penting, oleh karena itu, kita harus memperhatikan kualitas perempuan,” katanya.

 

Laporan : (*/ Aries joko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *